Jumat, 25 November 2011

Wireless wide area network

Wireless wide area network (wireless WAN) menjangkau area yang jauh lebih luas dibandingkan wireless LAN. Jangkauan umumnya mencangkup nasional dengan infrastruktur jaringan wireless disediakan oleh wireless service carrier untuk biaya pemakaian bulanan, mirip dengan langgana ponsel.
Jika wireless LAN digunakan supaya user jaringan bisa bergerak dalam area yang kecil, maka wireless WAN digunakan untuk menyediakan koneksi internet bergerak dengan area jangkauan yang lebih luas untuk pelaku perjalanan bisnis atau teknisi lapangan. Wireless WAN memungkinkan user untuk mengakses internet, e-mail dan aplikasi serta informasi perusahaan meskipun mereka jauh dari kantor.
Wireless WAN menggunakan jaringan seluler untuk transmisi data dan contoh sistem seluler yang digunakan adalah CDMA, GSM, EDGE, 3G, dan HSPDA. Komputer portabel dengan modem wireless WAN terhubung ke base-station pada jaringan wireless pada gelombanag radio. Tower radio kemudian membawa sinyal ke mobile switching center, dimana data dilewatkan ke jaringan yang sesuai. Koneksi internet dilakukan dengan menggunakan koneksi-koneksi wireless service provider.
Wireless WAN menggunakan jaringan seluler eksisting sehingga bisa melakukan panggilan suara melalui wireless WAN. Baik telepon seluler dan kartu wireless WAN bisa melakukan panggilan suara dan juga melewatkan data pada jaringan wireless WAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar